MATEMATIKA DAPUR

IIP
KuliahBunsay
ILoveMath
MathAroundUs




Bismillaahirrohmanirrahiim ..

Untuk pembelajaran spontan gen sinau di griya hari ini baru tercatat petang hari, ketika lingkar 

petang selesai 

Seseorang tengah sibuk melakukan penjelajahan liar di lemari es, tatapannya tajam mengamati satu persatu stok-

stok bahan makanan yang telah mahir ia eksekusi

"Ummi .... brokolinya ummi pakai ?" tanya kak Syams

"Sekarang maksudnya kak ?.... Tidak" jawab saya

"Aku pakai ya mi ? ... aku mau buat brokoli tepung" jelas kak Syams kemudian

"Iya le silahkan" 

"Resepnya sudah tahu ?" tanya saya 

"Sudah mi, tapi tepung kanjinya nggak ada"

"Ada banyak .... digantungan tas kresek merah" 

Bergegas menuju lokasi ... lalu ..... "ini tepung tapioka mi bukan kanji" kata kakak

Hihi ... " Kanji itu nama lain tapioka nak " saya tersenyum menjawab 

"Oooh ..." short respon

"Takarannya berapa ummi ?" aha pak koki bersiap mengukur dan menakar

" Dua banding satu (2 : 1) le " saya menjelaskan singkat

"Yang dua apa yang satu apa ?" tanya kakak kembali

"Dua sendok terigu, satu sendok tapioka"

"Siap" pak koki mulai beraksi

Dalam hitungan menit ... seperti biasa kalau kak Syams di dapur sekejap menjelmalah seluruh ruang 

dapur bak show drum band 

Dung ... dung ... tak ... tak ... gletak ... darr .... 

Ya ... ya ... tenang saja ini akan menjadi musik paling engkau rindukan beberapa tahun lagi ummi ^^ 

ha ha



Makan malam tiba !!

"Umiiii ... makan malam dah siap" seru kak Syams memanggil semua

Bergegas semua pasukan menuju meja makan ... seiring suara genderang perut bertalu - talu

"Makan ... makan" Najmah bersorak

"Waaa .... Ma syaa Allah ... si ijo sudah berubah bentuk nih" saya menelusur satu persatu seluruh isi 

meja makan " Teh hangat ummi dan abi-pun tak lupa bersanding disamping piring makan ... haa ... 

alhamdulillaah hangat nikmat ini ".... jazakallah khoir kakak sayang moga istiqomah dalam kebaikan ... 

aamiin ya mujibas sailiin

"Hemmm .... enak bener ini brokolinya .... yummy ..... 1 ... 2.... 3..... 4....." ummi cecemilan ini

"Nggak hambar toh mi" tanya kakak keheranan melihat saya "celepat celeput" si bro

"Enggah tuh nak ... enak kok pas kata ummi ini gurihnya.... pakai telur berapa butir ini ?"

"Satu, ummi .... eh dua ummi" jelasnya 

"Hemmm ..." saya manggut-manggut sambil gembal gembul si pipi 

Bismillahirrohmanirrahiim .... abi memulai makan malam dengan teh hangat buatan kakak, sruupppp ..

"ahhh ... alhamdulillaah ... " eh kenapa tetiba mendadak nyengir wajah abi

"kenapa bi" tanya saya 

"belum dikasih gula ya kak ini ?" tanya abi 

"sudah bi ... tapi belum diaduk ... maaf " senyum senyum si pak koki

"Baiklah .... " saya beruntung dapat informasi ini dan segera mengaduk lebih dulu 

Giliran ummi ini ... bismillaahirrohmanirrahiim .... sruuupp .... ah ... alhamdulillah nikmatnya teh buatan 

anak ummi .... sedap ... besok buat lagi ya kak ... merindu ini ummi ... takaran gulanya passs !!

"iyaa ... in syaa Allah " cie cie ada yang tersipu sipu tuh 

Mendadak nyeletuk .... 

"Lho punya Najmah mana dong?" 

Semua mata menuju ke kakak " nah lhoooo kak Syams !"

Kabuuurrr .... hiyaa .... 

Kakakkkkk ....... !!!

Ahaaa .....gembira membersamai 

Alhamdulillah .... terus semangat sinau ya GenS !!



Mifta Amalya, 21072017
GenSinau - GriyaMutiaraPelangi


#day2
#Tantangan10Hari
#Level6
#KuliahBunsayIip
#ILoveMath
#MathAroundUs

Komentar

Postingan Populer