10 PEMBELAJARAN PENTING DI KELAS 10

#ODOPfor#99days
#Day55
#Jum'atHebat18032016





Bismillaah,
Pagi ini ujung telunjukku menyusuri deretan tanggal dan berhenti pada angka hari ini…. waaaah Alhamdulillah 18 lagi ya, akhirnya naik kelas juga aku. 10 masa tak terasa telah terlewati, hingga sampai juga aku ke kelas 10 ini. Angka genap, bulat, symbol keparipurnaan sebuah proses.  Jujur, sampai disini adalah satu hal yang luar biasa. Banyak murid yang tertatih-tatih bahkan drop out. Entahlah, akupun merasa memang sampai di pintu kelas ini bak melalui rangkaian perjalanan-perjalanan panjang yang “amazing” kalau boleh kusebut, ya mengagumkan. Betapa tidak ?? … banyak sekali ilmu dalam sekolah ini yang berhasil merubah orang manja menjadi tiba-tiba mandiri, seorang yang buta resep mendadak menjadi koki ataupun seseorang yang tak pandai mengemudi lalu tetiba menjadi driver handal. Di sisi lain, peluang perubahan sebaliknya-pun kerap terjadi, seseorang yang kalem tiba-tiba menjadi setajam pisau bila bertutur, ataupun yang biasanya penyayang mendadak garang ...... naudzu billahimndzalik.  Lalu apa istimewanya sekolah ini hingga mampu merubah dua sisi manusia sedemikian rupa ?

Aku menyebutnya sekolah 18 maret. Sekolah lanjutanku selepas university. Namanya adalah simbol angka peresmian ikrar hidup yang suami ucapkan ketika insya Allah separuh agama tertunaikan, Semoga Allah meridloi, aamiin. Di Sekolah ini kami belajar bagaimana saling menguatkan harus kami jadikan pedoman ketika dua kutub yang berbeda ini menemukan masa recharge-nya berulang kali. Karena betul sekali, menikah bak dua orang berbeda  yang menempuh sebuah perjalanan untuk berjalan di jalan yang sama, dengan kendaraan yang sama, satu tujuan yang sama. Apapun rintangan yang menghadang, harus di lalui bersama bila sekali saja tidak terjalin komunikasi atau keterbukaan antara keduanya maka kendaraan akan oleng dan melenceng dari jalurnya. 

Menikah, adalah sebuah pencapaian seorang dewasa yang tak mudah. Memilih dan memilah pasangan hidup hingga "akhir masa pendidikan" nanti tentunya butuh selektifitas tingkat tinggi. Tidak karena iseng atau coba-coba. Bukan hanya sekedar rupa atau cinta belaka. Butuh proses berfikir dan pertimbangan yang tidak sebentar. Namun, masa-masa berkonsultasi dengan Sang Maha Guru terasa begitu cukup sebagai penolong memberi panduan  sekaligus final decission bagi kita para calon murid. "Hasbunallah wani'mal wakiil (cukup Allah sebagai penolong)" dalam membuat keputusan, karena Dia pemilik Sekolah kehidupan ini, segala keakuratan perhitungan adalah milik-Nya, termasuk dalam memperhitungkan pendamping hidup. Bermodal pada kemantapan hati dan kerelaan untuk bersandar hanya pada Sang Maha Guru takkan pernah membuat kita "masuk keluar kelas" dengan alasan tak cocok dengan pasangan yang kita pilih...... insya Allah.

Di kelas 10 ini banyak sekali pembelajaran penting yang ku temui. Bahkan mungkin, insya Allah sampai generasi kami telah memasuki sekolah keluarganya sendiri nanti, masih akan banyak materi-materi yang ditransfer oleh Sang Maha Guru yang harus di kejar SKS-nya. Semoga terus dimudahkan.

Lalu apa pembelajaran penting di kelas 10 ini yang ditemui melalui teropong refleksi kelas 9 kemarin ?

  1. Usia anak-anak yang terasa semakin besar, membawaku pada sebuah rambu besar betapa semakin dekatnya mereka pada usia aqil-baligh. Pada fase itu akan sampai mereka pada masa tak lagi kanak, tak lagi manja, tak sering lagi bergelayut mesra, tak kan lagi mengikuti kemanapun kita pergi seperti yang selama ini mungkin dikeluhkan ...."kok, si adek nggak mau lepas ya? "...... duh Allah ampuni kami.
  2. Semakin legowo setiap kali menjalani musibah. Karena sedih, susah, sakit, musibah itu semua adalah nikmat Allah. Akan berkontribusi baik bila kita anggap baik, sebaliknya semuanya tak akan pernah berkontribusi baik bila kita anggap semua nikmat itu dengan sebaliknya. Rasanya terngiang-ngiang selalu kata-kata Sang Maha Guru "Aku adalah seperti yang engkau fikirkan" Semoga baik dan indah selalu semua fikirku tentang-NYA dalam ranahku, aamiin.
  3. Semakin memahami segala kelemahan yang Allah selipkan dalam penciptaan diri. Tak bosan berproses, terus memperbanyak akses belajar, tak enggan menjadi gelas kosong yang haus ilmu, never stop learning !!
  4. Setiap kita adalah istimewa. Process Value yang muncul saat memahami bahwa mendidik kakak dan adek berbeda, mendidik laki-laki tak sama dengan mendidik perempuan. Lantas kemana arah mendidik itu ? di kelas selanjutnya menjadi PR kami #noted
  5. Bahwa hanya orang tua GEMILANG yang mendapatkan perannya untuk melahirkan generasi-generasi GEMILANG yang mewarnai peradaban ini. Gambaran generasi yang diproses instan seperti gubuk reot atau generasi yang diproses utuh seperti generasi pencakar langit, manakah yang kita pilih ??
  6. Keyakinan akan Allah Sang Penolong itulah iman, Sangat berbahaya dampaknya bila ini berbelok atau terabaikan, naudzubillahimindzalik. Kepada Allahlah semua kembali. 
  7. Maka Iman dulu sebelum yang lain itu HARUS. Karena IMAN akar semua perbuatan.
  8. Peta Keluarga adalah satu lagi PR yang harus segera kami tuntaskan. Perjalanan di depan akan berjalan tanpa arah dan  sia-sia tanpa ada peta dan rambu-rambu penunjuk jalan yang membantu mengingatkan arah jalan.
  9. Harmonisasi suami istri akan mengharmonikan hubungan orang tua anak, maka sirami terus pupuk terus. Ingat, keindahan harmonisasi para teladan sangat membantu rujukan, hidupkan rasa ingin tahu untuk mencari tahu SEGERA !!
  10. GEMILANG dan BAHAGIA di dunia juga di akhirat ini mudah bila kita tak pernah berhenti mencari, tak pernah berhenti mempropose mimpi-mimpi, tak pernah berhenti bergerak..... karena tempat dan saat berhenti itu bukan disini dan bukan sekarang namun nanti di SYURGA ABADI, Semoga Allah mudahkan kita semua sampai disana aamiin ya mujibas sailiin
Inilah 10 pembelajaran itu, semoga tetap SEMANGKA (SEmangat KArena Allah) !!


Special NOTE : 
Allah Sang Penebar Cinta 
Terima kasih atas cinta dalam dada
          Moga terus bersemi sampai akhir nanti

          Abi, sang penasehat hati

          Teruslah menjadi pelita yang terang

          Bagi redupnya malam yang kadang membayang

          Bersyukur menemuimu, imamku ^^



Alas Mesir Sisi MERR
@pelangisyammah_home



Thanks To :
Mbak Dessy KHODIJAH, atas semangka-nya "3
All groups yang terus menyemangati : IIP, ODOPfor99days, Tips Nulis dan Bisnis , BEBARIS serta lainnya 
feeling so good to join with you all  !!


Komentar

Postingan Populer