"Dibuang Sayang" Tips Sulap Menu Makan Pagi

#ODOPfor#99days
#Day44
#kamismanis
#tipsdapurcerdas




Bismillaah ... 
Ya Allah mudahkan laju pena ini hanya menuju kepada jalan-jalan kebaikan 
aamiin

Karena berbagai hal, seringkali menu semalam masih tersisa di lemari makan atau lemari pendingin. Dibuang sayang... ini rizki.

Mau diberikan si pus ? boleh ... atau mau coba "reuse" jadi menu sarapan pagi ini ? .... monggo.... Alhamdulillah misi terbuang terselamatkan ^^

Buibu ...
Kadang suka rempong ya mikirin menu sarapan yang kilat dan praktis..... atau pusing mikirin makanan sisa semalam ini mau dikemanakan .....nah mengolah kembali makanan sisa semalam (semalam ya buibu bukan dua malam, tiga malam atau empat malam ^^ kasihan perutnya!!) bisa jadi alternatif tips praktis sekaligus membuang rasa bosan penghuni rumah yang kadang nyeletuk saat ketemu menu pagi " kok ini lagi ....". 

Buibu tidak perlu galau atau repot siapkan bahan-bahan lagi cukup tambah bumbu sedikit, tambah sayur atau lauk yang tersedia untuk menyempurnakan nilai gizinya .... walah jadi nah tuh menu reuse andalan buibu. Tapi jangan lupa setelah makan malam lakukan MISI PENYELAMATAN dulu ya buibu .... simpan lauk pauk sisa segera kedalam lemari pendingin agar life time-nya bertahan hingga besok pagi.

Baiklah ...
Beberapa tips berikut bisa dijadikan alternatif buibu semua.... selamat mencoba :
Menu sarapan pagi "REUSE" 
1. Nasi
  • Nasi Goreng : cukup dengan bumbu jowo ala jadul (bawang putih, bawang merah, garam, terasi) tambah telur dadar untuk pendamping maknyus tenan ini buibu. Bila semalam ada sisa sayur cap cay wah makin mantap buibu....  buang air bumbunya agar nasgor tidak lembek lalu campur sreng ... sreng .... nasgor reuse doned^^
  • Kroket Nasi : Ada macam-macam varian isinya buibu.... ada ayam, sayur, tempe, keju atau buibu mau kreasi sendiri sesuai stok bahan yang ada di dapur hayuk monggo yang memudahkan urusan kita saja yak^^. Saya pernah coba yang isi worcis dan ayam.. kebetulan sayuran yang ada di stok itu hehe jadi ya yang mudah saja tanpa mengabaikan nilai gizinya. Contoh resep kroket/bola-bola nasi cek disini buibu (http://resepresepmasakan.info/resep-bola-bola-nasi-isi-keju-dan-cara-membuatnya/bola-bola-nasi-daging-keju-aneka-resep-gratis-2/)       (http://www.resepkafe.com/cara-membuat-bola-bola-nasi-isi-tempe-dan-rebon/)
  • Martabak isi nasi  Kalau buibu ingin buat sesi kriuk tapi mengenyangkan.... ini bisa jadi alternatif buibu. Mirip lumpia karena memang memanfaatkan kulit lumpia namun cara dan bumbunya menggunakan resep martabak, Yakni bumbu gule (kadang saya pakai yang instan buibu merk b***oe karena di komposisinya tanpa MSG dan NB semoga benar ya). Nasi sisa diberi bumbu gule dan telur tambah baso/kekian dan sayur .... uilah yummy banget !! kalau pas hangat santapnya.  
2. Tempe/Tahu/Ikan goreng
  • Bumbu Bali : Kalau resep ini resep ibu saya waktu saya kecil dulu. Sampai hafal hehe. Bumbu dominasi cabe merah ini ehmmmm maknyus tenan pokoknya. Kalau semalam ada sisa tempe, tahu dan ikan bandeng atau mujaer goreng pastilah tuh ibu saya dengan bumbu super simple-nya layaknya mantra sulap cling ... cling ... cling tempe tahu dan ikan goreng disulap jadi lauk wenak pol nggak ada tandingannya menurut saya heheh. Entahlah sampai sekarang sepertinya belum bisa niru sama persis bumbu resep ibu padahal bumbu dan cara eksekusinya juga sama tapi kok rasa ngg bisa sama ya ? .... kurang sabar kata ibu hihi .... "iya bu" #meringis sambil garuk kepala^^
  • Kare : Selain bumbu bali, menu lain yang jadi andalan menu Reuse ibu adalah kare. Ini juga favorit saya dan keluarga. Rasa gurih santannya bisa menutupi rasa bosan lauk semalam /hehe ini modus kreatif buibu.
3. Sayur Cap Cay atau sayur tumis lainnya
  • Mie goreng : Buibu tidak perlu menyiapkan sayur iris lagi, air bumbu yang tersisa di buang terlebih dahulu agar mie tidak benyek. Lalu tambahkan bumbu mi goreng bawang merah putih, lada, garam dan kecap, saus tiram bila suka. Jika sekiranya ingin menggemukkan nilai gizinya tambahkan lauk telur orak arik, baso/kekian, ayam suwir.
  • Fuyunghai : Buat telur omlete/dadar lalu sisa cap cay yang dihangatkan disiramkan ke telur dadar atau buibu dapat mencoba versi lain yaitu campur sayur kedalam telur lalu kocok, goreng jadi omlete/dadar. Kemudian tambahkan saus siram (air tomat, bawang putih, bawang bombay, air maizena)..... oke deh fuyunghai untuk makan pagi telah siap !! 

*NOTE : jangan lupa memastikan dengan mencicipi dan mengamati penampakan fisik menu semalam ya buibu agar misi sehat terselamatkan ^^

Semoga bermanfaat ... tetap semangat tetap sehat
Ibu cerdas .... kita bisa !!


Alas Mesir Sisi Merr
@pelangisyammah_dapurhomesweethome 
    
 








Komentar

Postingan Populer