MENCARI CINTA BARU

#ODOPfor#99days
#Day23



Bismillah .... memulai kata semoga berkah untuk semua

Sudah sejauh mana bisnisnya ? ...... haaa .... punya lapak saja tidak..... masih sering ngiri lihat teman-teman yang sudah punya lapak sampai mengkilat lapaknya^^........Merasa produktif ? ...... belum.... ..... berusaha produktif lebih tepatnya ^^ .... sambil terus berjalan seraya menggenggam erat qoute dari Ibu Profesional,
"Ibu profesional tidak selalu dinilai dengan apa yang tertulis dalam angka dan rupiah, melainkan apa yang bisa dinikmati dan dirasakan sebagai sebuah kepuasan hidup, sebuah pengakuan bahwa dirinya bisa menjadi ibu yang bermanfaat bagi banyak orang" (Septi Peni Wulandani)
Sebenarnya, buku seri Ibu profesional ke-tiga Bunda Produktif ini telah saya miliki lebih dari satu bulan. Namun ia masih duduk manis dalam ruang rak buku kardus di kamar adek. Sempat beberapa kali ingin melihat-lihat isinya tapi tidak berani lebih jauh karena merasa masih harus menguatkan dulu pilar bunda sayang dan bunda cekatan yang masih butuh pembenahan sana sini. Ketika iseng membuka saya sempat terpaku pada salah satu catatan ikhtiar berjudul "Ketika Menemukan Cinta Kelima" ..... apa ? cinta kelima .... apa maksudnya mbak ini nulis gini ?? (#sambil ngernyit)

Ngintip nama pencatatnya .... wah sosok nama yang cantik dan pasti  cerdas Naila M. Tazkiyyah (seri bunda produktif, hal.165) . Lanjut membaca ..... sebaris dua baris dst ..... hemmm baru ngeh ....  cinta kelima maksudnya adalah "passsion" setelah cinta pertama dan keempat yang telah ditemukannya yaitu cinta Allah, cinta rasulullah, cinta orang tua, cinta suami dan anak-anak.

Betapa perjalanan mencari "passion" jujur memang bak mencari cinta sejati ..... karena ini butuh perjuangan yang susah payah dan menguras energi. Saya teringat perjalanan saya beberapa pekan kemarin .... setelah moment pencerahan "passion" di milad ke-4 Ibu profesional dua bulan lalu.

Untuk mengetahui passion diri ada beberapa tips praktis dan cepat yang dishare di forum tersebut , yaitu :
1. Coba tulis kegiatan apa saja yang kita suka lakukan
2. Dari kegiatan diatas, seleksi kembali ! sekarang coba tuliskan 4 kegiatan yang kita     suka lakukan dan menurut orang lain kita berbakat melakukannya
3. Seleksi lagi ! Coba tuliskan 3 kegiatan saja yang paling suka kita lakukan
4. Seleksi sekali lagi ! coba tuliskan 2 hal yang paling suka kita lakukan dan menurut orang kita berbakat
5. Seleksi terakhir ! coba tuliskan hal yang paling kita suka lakukan, menurut otang kita berbakat dan kita merasa senang sekali (seperti mendapat energi baru) bahkan melakukannya hingga berjam-jam
6. Tulislah besar-besar inilah MY PASSSION ^^
Sampai disini .... entahlah .... mungkin ini cinta baru saya......ada 2 hal yang paling membuat saya seperti mendapatkan energi baru dan joyfull ketika melakukannya, yakni ketika tangan ini asyik menulis atau meng-create sesuatu yang saya lihat di sekitar (di area rumah tentunya karena ini tempat kerja saya sekarang ^^)

Metode yang saya anut sementara ini masih metode ATM-nya mbak Siti Fatimah (*seri bunpro, hal. 123 ). Amati - Tiru - Modifikasi .... Setiap manusia saya fikir melewati metode ini.... dengan indera penglihatan kita mengamati karya orang lain mengambil manfaatnya berupa inspirasi ataupun inovasi,  untuk kemudian mengeksekusinya dengan memodifikasi hingga dalam proses ini lahirlah sebuah ide mengkreasi .... kemudian pada level selanjutnya kita akhirnya mencipta/membuat sendiri dengan harapan menjadi lebih baik lagi. .... it's naturally process .... proses alami yang kita biasa alami ...... jadi jangan pernah khawatir atau malu ber-ATM..... karena memang fitrahnya manusia menularkan dan menelurkan kebaikan .... terus bersambung .... bertambah dan hingga tumbuh kebaikan-kebaikan baru.... asal tidak lupa pada jalur kebaikan berkemanfaatan..... khairunnas anfa'uhum linnas ....

Sejauh ini .... saya masih menikmati menulis bait-bait cerita dalam puisi, cerita seru ataupun lucu yang kami nikmati sehari-hari mulai dari teras hingga dapur belakang juga kesibukan menghias galeri creativa yang telah sampai pada project ke-8 di halaman rumah http://pelangisyammah.blogspot.co.id .... silahkan berkunjung .... pintu rumah kami selalu terbuka ^^ untuk bunda semua.

Hari ini baru saja selesai project ke-8 membuat gantungan charger HP dari limbah botol dettol. Project Recycled and Reused tambah satu lagi .... alhamdulillah happy^^. Project ini adalah lanjutan serangkaian program count down to zero .... sebuah langkah pergerakan membuat rumah kami zero waste ..... insya allah semoga Allah memudahkan........aamiin.

Berbekal prinsip 3R (Reduksi, Reuse dan Recycle) kami berusaha memilah dan memilih sampah yang kami produksi setiap hari. Belum sempurna memang, masih sebatas memilah sampah plastik, botol, kertas dan kardus/kotak kemasan. Untuk sampah organik masih menjadi agenda kami selanjutnya. Untuk R1 (reduksi) atau mengurangi bertambahnya sampah khususnya yang berasal dari kemasan makanan dan minuman kami mulai dengan sesering mungkin membawa bekal minum dan snack dari rumah dengan thumbler atau sealware.

Sedangkan R2 (Reuse) menggunakan kembali sampah misalnya kertas print, kebetulan aktivitas printing di rumah lumayan sering jadi kertas print yang salah atau tidak terpakai lagi kami kumpulkan di rak khusus kertas reuse.

Terakhir, R3 (Recycle) mendaur ulang sampah menjadi bernilai lebih. Dari koleksi galeri creativa rumah pelangi syammah yang paling banyak adalah produk recycle, misalnya mainan pelontar dari stik es krim, mainan teropong dari botol plastik, meja lesehan dan rak serbaguna dari papan sisa bangunan, rak buku dan rak kertas dari kardus air mineral, bantal dari selimut bayi, kotak alat tulis dan asesoris dari kotak kemasan bekas dan meja printer dari kardus printer..... dan masih akan berlanjut terus insya allah.

Yah ... inilah waktu produktif yang saya lewatkan beserta keluarga semoga bermanfaat tetap sharing ya bun ^^ cause sharing is caring

alas Mesir sisi Merr
@pelangisyammah_floor
    





Komentar

Postingan Populer