SERI KEAJAIBAN PENCIPTAAN SEMESTA : Keajaiban penciptaan kulit

#ODOPfor#99days
#Day31

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhv2KQ7gh6UuQbNVvNVGXDlNssa7eUK388DTPdpkhXV5AxOFRyPJbo07izdFyNMzqWcCLIVEd_UdczK2FcNVqeMAN-0CpSWaVOMZ0jNLDUNddzAA7M-GJwvw85NpDiyecJFK-aIw6_18mG0/s1600/New+Picture+(41).jpg


Bismillah ..... dengan nama Sang Pencipta Keajaiban Semesta pena ini bermula

Aaaaaaaaawwwwwww ..... ya Allah ..............panaassss..... huh huh huh. Reaksi ini hampir sering terdengar  dari dapur ..... tetiba suami berlari tergopoh dan bertanya "Ada apa yang ?" ..... atau terkadang kakak yang begitu perhatian sekali sama umminya ini  berlari dan menyelidik "kenapa ummi?" ....... Akupun meringis dan menjawab ..... kena wajan .....atau kadang menyeringai sambil mengibas-ngibas jari ..... kena minyak ...... hadehhh ..... betapa cerobohnya ..... slowly and carefully dear ..... begitulah saran-saran yang mengelus-ngelus rasa sakitku perlahan hingga kadang ku tahan -tahan hingga terlupakan demi tugas ini kalau tidak maka masakan tak kan terhidangkan ^^ keep calm dear ..... ayuh cari minyak oles atau tepung dingin sana...... makanya lebih hati-hati atuh lain kali (memarahi diri sendiri) sambil nengokin tangan kaki .... duh .... tambah lagi nih stempel dapurnya ... hiks. 

Keajaiban kulit

Kulit memang bagian tubuh paling muka yang menutupi tubuh kita. Ia adalah organ tubuh yang langsung berhubungan dengan dunia luar karenanya kulit merupakan pelindung terpenting bagi tubuh kita. Kulit juga merupakan salah satu anggota tubuh yang paling besar dengan bobot berat mencapai kurang lebih 15 kg pada kulit dewasa.

Kulit adalah anggota tubuh yang paling pertama menerima stimulus atau rangsangan dari luar, mulai dari merasakan dingin, panas, merasakan sentuhan dan merasakan sakit. Bahkan ketika bagian dalam tubuh kita bereaksi terhadap serangan suatu bakteri atau virus, Allah pun tak lupa memberi pertanda melalui kulit kita berupa ruam, bintil, bintik-bintik yang disertai gatal atau luka agar kita segera tersadar bahwa kita sedang sakit dan segera mengambil tindakan ikhtiar penyembuhan ...... Allahu Akbar ..... duhai Allah yang begitu Rahman dan Rahim pada setiap hamba

Bahkan ketika bagian dalam tubuh kita bereaksi terhadap serangan suatu bakteri atau virus, Allah pun tak lupa memberi pertanda melalui kulit kita

Hal yang mengagumkan lain yang patut kita syukuri adalah kulit seseorang memiliki sekitar 2,5 juta sel kelenjar keringat dan mempunyai peran besar dalam pengontrolan musim panas. Dalam 1 cm3 kulit dari jarak bagian atas tubuh, mengandung sekitar 3.000.000.000 (tiga milyar) sel, 3.000 sel syaraf terutama untuk panca indera, 100 kelenjar keringat, 15 kelenjar minyak, 10 saluran kapiler dan 1 m saluran pembuluh darah. Subhanallah ...... Maha Suci Dzat yang telah menghimpun pernagkat sebanyak itu pada tempat yang rumit dan kecil.

Mari mensyukuri keajaiban kulit kita sejenak ...

 Permukaan kulit . Menggunakan Coloured scanning mikrograf elektron ( SEM ) dari permukaan kulit ( merah ) dari seorang anak berusia 6 tahun . Permukaan terluar terdiri dari sel-sel kulit mati dan Lapisan epidermis, yang berfungsi membantu melindungi sel-sel epidermis halus dari lingkungan eksternal .

Folikel rambut . Dengan bantuan Coloured scanning mikrograf elektron ( SEM ) dari folikel rambut tampak seperti lubang kosong (pada bagian tengah ) di antara sel-sel skuamosa pada permukaan kulit . Ini adalah penampakan keratin , sel-sel mati yang terus terkelupas dan digantikan dengan sel-sel baru dari bawah
Kulit. Penampakan menggunakan Coloured scanning mikrograf elektron dari melalui bagian kecil kulit manusia . Lapisan paling atas dari kulit ( merah muda dan merah ) membentuk epidermis . Permukaan epidermis ( di atas , pink ) adalah lapisan cornified terdiri dari rata , menyatu kaya keratin sisa-sisa sel . Sel-sel mati dari lapisan ini yang terus menerus dihasilkan dan digantikan dari sel-sel dari lapisan epidermis yang hidup di bawah ( merah ) . Lapisan ini mengandung keratinosit , sel-sel khusus yang mensintesis keratin . Lapisan terendah yang ditampilkan di sini adalah dermis ( kuning ) . dermis adalah lapisan tebal jaringan ikat fibrosa yang mendukung dan memelihara epidermis

Bagian kulit . Penampakan dengan bantuan Coloured scanning mikrograf elektron ( SEM ) dari bagian permukaan kulit manusia . Sebuah rambut ( merah ) yang menonjol melalui permukaan . Lapisan atas epidermis adalah stratum korneum ( lapisan cornified , coklat muda ) . Aktivitas sel kulit ini terdiri dari sel kulit mati , keratin sel kulit pipih , yang terus terkelupas dan digantikan dengan sel-sel baru dari bawah . Lapisan hidup epidermis ( coklat gelap ) disebut lapisan Malphigi . Lapisan ini mengandung sel yang disebut melanosit , yang menghasilkan pigmen melanin . Pigmen ini menggelapkan kulit ketika terkena sinar matahari , menghasilkan warna coklat karena berjemur . Pembesaran : x55 saat dicetak 10 cm


Apakah telah nampak BESAR nikmat ALLAH dalam Lapang pandang penglihatan kita kini ???



Keajaiban reseptor rasa sakit

Dulu sebelum dunia kedokteran melakukan banyak penelitian, manusia mengira bahwa fungsi kulit hanya sebagai indera perasa dan timbulnya rasa sakit itu tergantung pada kerja otak. Namun, Penemuan-penemuan mutakhir membuktikan bahwa reseptor rasa sakit ada di dalam kulit. Tanpa reseptor itu manusia tidak akan dapat merasakan sakit.

Ketika seorang dokter memeriksa pasien dengan luka bakar, ia akan memverifikasi tingkat luka bakar dengan pinprick. Jika pasien merasa sakit. maka dokter akan merasa senang karena pertanda luka bakar tidak terlalu dalam dan reseptor rasa sakit tetap utuh. Namun, jika pasien tidak  merasa sakit maka itu berarti lukanya parah dan reseptornya telah hancur. 

Baiklah dari sini ..... teringat beberapa kecelakaan kecil di dapur .... bersyukur masih dapat merasakan sakit , bersyukur masih dapat menghindar secara spontan, bersyukur reseptor ini masih sehat..... alhamdulillah^^

  
http://smpsma.com/wp-content/uploads/2015/03/reseptor-pada-kulit.jpg

Image
https://arinazulfayunitayunus.files.wordpress.com/2012/04/1-20.jpg
Ini masih tentang insiden dapur, selain minyak goreng atau perangkat panas biasanya kecelakaan yang terjadi adalah terkena panasnya api. Tubuh kita sering merespon secara spontan misalnya mengibas-ngibaskan tangan sembari bergerak menjauhi sumber panas. Gerakan spontan yang ditimbulkan sebagai respon yang dibawa reseptor dan tanpa kita sadari  ini disebut gerak refleks . Mari perhatikan jalannya impuls pada gerak refleks berikut ini.

Image
https://arinazulfayunitayunus.files.wordpress.com/2012/04/1-20.jpg
Impuls yang menyebabkan gerakan tersebut dibawa oleh sel saraf sistem eferen somatik dan suatu jalur rangsangan pendek yang disebut lengkung refleks. 
Mari tengok penjelasan yang diberikan Allah dalam Al-Qur'an tentang reseptor rasa sakit ini :
"Sungguh orang-orang yang kafir kepada ayat kami, kelak akan kami masukkan mereka kedalam neraka. Setiap kali kulit mereka hangus, kami ganti dengan kulit yang lain, agar mereka merasakan azab. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana," (QS. An-Nisa':56)

Allah Subhanahu Wa Ta’ala menjelaskan kepada kita dalam ayat tersebut bahwa kulit adalah bagian tubuh yang akan menerima hukuman, karena ada hubungan antara kulit dengan sensasi rasa sakit. Ayat ersebut juga mengatakan kepada kita bahwa ketika kulit terbakar (yakni dineraka), manusia tidak lagi dapat merasakan sakitnya hukuman. Karena itu kulit yang terbakar diganti dengan kulit segar baru dimana saraf dapat berfungsi dengan baik dan menularkan rasa sakit.

Dengan cara ini, seorang kafir akan menderita karena penyangkalannya terhadap tanda-tanda kekuasaan Allah. Ilmu pengetahuan modern telah menunjukkan kepada kita bahwa sebagian besar saraf ditemukan dikulit. Sebelum penemuan mikroskop dan kemajuan yang dicapai dalam bidang anatomi, tidak ada manusia yang bisa memiliki pengetahuan tentang fakta ilmiah yang ternyata telah dijelaskan oleh Al-Qur’an 14 abad yang lalu ini. Ini merupakan sebuah keajaiban dan tanda-tanda kekuasaan Allah Subhanahu Wa Ta’ala. 

Prof. Tagatat Tejasen, Ketua Departemen di Universitas Chiang Mai Thailand telah menghabiskan waktu yang banyak untuk penelitian masalah reseptor rasa sakit. Awalnya dia tidak percaya bahwa Al-Qur'an menyebutkan sebuah fakta ilmiah sejak 1400 tahun silam. Kemudian. ia meneliti keterangan-keterangan dari sebuah terjemahan ayat Al-Qur'an. Ia pun kembali terkesan akan keakuratan ilmiah yang diterangkan dalam ayat tersebut, HIngga pada konferensi kedokteran Saudi ke-8 yang diadakan di Riyadh, berlatar belakang fakta-fakta ilmiah yang ditunjukkan dalam Al-Qur'an dan As-Sunah, dengan mantap ia masuk islam di depan umum.  Subhanallah .... Maha Suci Allah hanya Dialah Sang Maha Daya berkehendak  menggerakkan hati setiap insan yang menundukkan akal fikir serta pengetahuannya untuk memahami kalamullah.


Di akhir catatan ini .....

Sampailah pada sebuah self quick resume : Betapa kecilnya diri kita ini ditengah samudera nikmat Allah yang tiada tara luasnya. Kita hanya seperti kerikil-kerikil kecil yang siap terombang-ambingkan ombak. Kemana hendak menuju ?? turutlah pada riak yang jernih yang membuat akal fikirmu terang benderang, tak mengapa bila harus jauh ke tengah lautan karena disana kedalaman fikirmu sedang runcing diuji.

 Maka,
Syukuri sehat sebelum sakit 

 Syukuri sakit sesudah sehat
Karena di dalam keduanya ada nikmat 

    
Alas Mesir sisi Merr
@pelangisyammah_sesiserius


Referensi :
1 menit 1 keajaiban Allah, Ghufron Hidayat, Liyah St. Syariah, Sahabat Ufuk 2012
Miracle of Al-Qur'an, Dr. Zakir Naik, AQWAM Jembatan Ilmu, 2015
https://arinazulfayunitayunus.files.wordpress.com



Komentar

Postingan Populer