RITUAL PRA BACA

#ODOPfor#99days
#Day24

                                 

Setiap penyuka buku pasti punya cara sendiri untuk memilih buku favoritnya. Kebiasaan saya sebelum melahap sebuah buku adalah memandang lekat-lekat gambar dan tulisan judul pada cover depan ... kemudian beralih ke cover belakang.... biasanya disana ada sekelumit isi buku secara garis besar. Setelah itu segera beranjak membuka halaman demi halaman menuju daftar isi. Menelusuri satu persatu bab hingga sub bab.... dan berhenti pada salah satu judul yang mencubit. Segera mencari judul tersebut dan melahap baris demi baris. 

Entahlah .... ini kebiasaan buruk atau pelanggaran dalam sebuah etis pola membaca yang baik. Namun habbit ini telah saya mulai sejak lama. Meski beberapa orang menyindir saya seperti ini "baca buku itu yang runut to .... urut .... pelan-pelan......" Menurut saya ritul pra baca seperti ini penting (#buat saya ya .... entah yang lain). Mengapa ? ketika mencari sebuah data yang kita butuhkan dalam sebuah buku bukankah bagian penting yang kita baca dulu memang judul,  kemudian sinopsis atau ringkasan isi buku, lalu daftar isi. Bagaimana dengan penulis dan penerbitnya ?..... menurut saya siapapun itu dari penerbit mana tulisan itu selama tulisannya seru, tidak kaku, bermutu dan saya butuh..... pasti itu ilmu.

Mungkin yang agak "nyeleneh" ketika menelusuri daftar isi, saya lebih happy untuk memilah dan memilih mana yang sekiranya membangkitkan ketertarikan saya lebih dulu terhadap isi buku, setelah itu baru melahap yang lainnya. Lebih efektif dan efisien. Bayangkan saja kalau misalnya kita masuk toko buku lalu hanya membaca judul saja atau sekedarnya membaca daftar isi...... wah bisa-bisa satu toko dibeli semua hihi lebay ya ........ atau ketika masuk ke perpus nggak ngeh sama data yang mau dicari jadi semua buku diambil..... taruh meja.... satu-satu dibaca ...... wiihh kapan selesainya.

Yah .... masing-masing punya keasyikan dan keunikan sendiri saat melahap bacaan ... silahkan .... tidak masalah .... tidak ada peraturan yang mengikat kok hehe ^^ yang penting literasi jalan terus .... tetap membaca .... tetap haus mereguk segarnya ilmu pengetahuan .... jangan lupa dibagi ya segala hal bermanfaat yang kita dapat agar tak mampat dan berkarat .... sharing is caring.

alas Mesir sisi Merr
@pelangisyammah_melantai 

Komentar

Postingan Populer