SUGUHAN INSPIRATIF DARI RAK BUKU

#ODOPfor#99days
#Day15

Bismillah ... just because Allah my pen is start moving ______________ //


Pekan ini rupanya pena saya untuk menulis ODOP sedang tersendat-sendat, pasalnya day 12, 13 .... sampai day 15 ini masuk pintu LATE POST ...... fiuhhh !!

Tapi hendaknya ini tidak membuat saya berduka karena beberapa hari lalu si antena mobile melewati batas radar di bukit kampung halaman saya .... yah pulang ke kampung karena ada panggilan tugas dari ibu .... bantu-bantu hajatan pengajian ibu ..... dan rupanya si sinyal lagi nggak mau deket-deket .... kalau ngeluh nanti nggak dapat gaji pahala dari Allah .... endingnya ya disyukuri .... enjoy .... happy ^_^ .... nulis lagi.

Balik ke hari ini ... posting ke-15 ini ingin menyuguhkan suguhan favorit saya dan anak-anak dari rak buku pelangisyammah..... suguhannya 2 seri buku yang meneladankan kesederhanaan dari cerita hidup tokoh inspiratif Bapak Dahlan Iskan, yaitu Gembala Riang dan Sepatu Dahlan.

Buku seri Sepatu Dahlan karya Iwok Abqary ini sebenarnya ada tiga buku, namun yang berhasil terbeli baru 2 .... hehe. Kisah-kisah dalam serial ini terinspirasi dari novel Sepatu Dahlan yang mengisahkan kehidupan Dahlan Iskan semasa beliau kecil. Dikemas dengan teks yang berirama (#ini yang jadi favorit saya .... karena membuat kalimat berima untuk puisi atau syair mungkin sudah biasa tapi dalam bentuk cerita apalagi cerita yang mudah dipahami anak-anak ...... wah jago banget nih ..... cerdass) . Ilustrasi-pun keren, pas untuk konsumsi anak-anak. Mereka jadi bisa mengenal sosok Dahlan Iskan yang sangat menginspirasi semua kalangan. Plus, buku ini dibuat dalam dua bahasa: Indonesia dan Inggris. Nah .... bisa sekalian belajar bahasa Inggris, kan ya ?. Buku ini juga mendapat apresiasi dari beberapa penulis ....termasuk saya hihi .... memang keren nih bukunya SIP (Simple ... Inspiratif ... Pas banget buat jadi teladan anak-anak dalam hal kesederhanaan, ketangguhan, tanggung jawab dan kesabaran)



Buku pertama: Gembala riang
Penulis : Iwok Abqary
Ilustrator : Gina
Penerbit : NOURA BOOKS PUBLISHING

Sinopsis :
Tentang kisah Dahlan saat menggembala kambing di atas bukit. Dahlan menggembala setiap waktu. Di sana dia bermain bersama teman-temannya, menggembala hingga sore hari. Hal ini dilakukannya setiap hari sepulangnya dari sekolah. Suatu hari, tang, ting, tung Dahlan mulai mengitung kambingnya........ ooh kambing berwarna hitam menghilang. Duh, duh! Kemana gerangan?


"Anak belajar bertanggung jawab melalui kesempatan dan kepercayaan yang kita berikan, buku ini sungguh layak disuguhkan kepada anak-anak. Melalui buku ini kita bisa menasehatkan tentang tanggung jawab tanpa menggurui mereka" - Angga Setyawan, penulis @AnakJugaManusia -

Nih dia salah satu pic kata berima yang bikin kalimatnya berirama banget ...
 
Hari sudah semakin siang
Sinar matahari panas memanggang
Namun Dahlan tetap melenggang
Menggiring kambing ke tengah lapang

Buku kedua: Sepatu idaman
Penulis : Iwok Abqary
Ilustrator : Gina
Penerbit : NOURA BOOKS PUBLISHING

Sinopsis :
Setiap hari Dahlan kesekolah tidak memakai sepatu. Menyusuri jalan penuh debu dan berbatu. Di hari panas, di hari hujan, kakinya tak pernah beralaskan sepatu. Dahlan merasa iri pada teman-temannya yang selalu mengganti sepatu setiap tahun. Akhirnya Dahlan seringkali bermimpi. Memiliki sepatu pasti rasanya nyaman sekali . Namun Bapak membesarkan hatinya. Kata bapak, ke sekolah itu untuk menuntut ilmu, bukan untuk pamer sepatu. Dahlan pun rajin belajar dan mendapat nilai yang bagus. Bagaimana dengan sepatu idamannya? Dia berjanji akan rajin belajar. Agar kelak menjadi orang besar yang memiliki sepatu berpasang-pasang.

 "Ilustrasi  pengalaman hidup Dahlan kecil yang membekas hingga dewasa, proses jalan hidup yang bermutu dan sangat menginspirasi" - Emil Husein, NAIF -

Ini juga mantap .... 
Dahlan sedih kalau ada yang mengejek
Dibilang kakinya seperti bebek
kemana-mana bertelanjang kaki
kakinya kotor penuh deki

Naaaahhhh ..... gimana bun ? menarik dan inspiratif ya ..... Dua buku ini paling disukai adek karena gambarnya lucu dan colourfull ..... untuk seusia kakak yang sudah mampu diajak ngobrol tentang hikmah cerita meski sederhana, seri ini pas banget buat ngeboost semangatnya pas lagi down ..... atau ngiri lihat temen yang begitu mudahnya minta ini itu pada orang tuanya.

Semoga suguhannya ..... memuaskan ya bun.... lain waktu  insya Allah ketemu suguhan yang lebih menarik lagi .... HAVE A NICE WEEKEND ^_* !!


ngleseh di alas Mesir sisi MERR
@pelangisyammah_room

Komentar

Postingan Populer